Selasa, 02 September 2014

Fenomena Remaja

Assalamualaikum wr.wb..

Hai gan/sis.. jumpa lagi nih.. psti kabarnya sehat walafiat kan?.. wkwk (sok tw bnget).. 
jadi gini gan/sis.. gw mau share lagi nih artikel selanjutnya.. tadi kan udah ngeposting tentang Fenomena Paradoks.. nah sekrang judulnya tentang Fenomena Remaja gan/sis.. hehe
Pasti semua penasarankan apasih isi dari artikel fenomena remaja ini.. oke deh.. Lanjuuuutt... kita simak bareng aja artikel berikut.. biar ada rasa kebersamaan.. hihi.. (apa maksudny coba!!).. :v

     Banyak pihak yang menilai bahwa remaja saat ini banyak memiliki sifat dan perilaku : 
  • Tidak disiplin.
  • Mudah menyerah dengan tantangan yang dihadapi.
  • Tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri.
  • Malas bekerja untuk belajar mandiri.
  • Cepat puas dari apa yang diraih.
  • Tidak bertanggungjawab.
  • Tidak peka terhadap lingkungan.
  • Tidak menghargai hasil karya orang lain.
  • Mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif seperti (Pornografi, Pergaulan Bebas, Narkoba, dll).
  • Dan hal - hal yang di kategorikan tidak baik.
     Berbagai hal negatif diatas sering disebut sebagai jerat kehidupan para remaja. Semakin kuat dan semakin banyak seseorang yang memiliki karakteristik tersebut diumpamakan semakin kuat dan semakin banyak jerat yang ada pada dirinya, sebaliknya semakin sedikit dan semakin lemah seseorang memiliki karakteristik tersebut berarti semakin sedikit dan semakin longgar jerat yang ada pada dirinya. Banyak dan kuatnya jeratan atau sedikit dan lemahnya jeratan serta berupaya untuk melepas jeratan, faktor yang paling menentukan adalah pribadi masing - masing.



     Disamping banyak memiliki sifat dan perilaku tidak baik, akan tetapi masih banyak juga remaja dan mahasiswa yang memiliki sifat dan perilaku yang baik. Sifat dan perilaku baik buruk remaja dan mahasiswa tersebut diatas beberapa bagian disebabkan oleh dampak globalisasi. Hal ini dapat terjadi karena adanya kemerdekaan untuk memilih pada sifat dan perilaku baik maupun sebaliknya untuk memilih sifat dan perilaku tidak baik. Kemampuan untuk dapat meninggalkan hal yang tidak baik dan mau melakukan hal baik adalah salah satu bentuk kemenangan pribadi.
     Anda dapat mengamati lagi sebuah fenomena kampus - kampus perguruan tinggi tentang perpustakaan yang sepi dari pengunjung, kalah dengan kantinnya yang ramai sejak minggu pertama perkuliahan. Apabila anda cermati anda dapat mencatat rata - rata lamanya mahasiswa duduk di perpustakaan dan lamanya dikantin, ternyata ketika berada diperpustakaan merasa tergesa - gesa, sementara ketika dikantin merasa nyaman berlama - lama. Datang ke kantin tetap perlu untuk memenuhi kebutuhan jasmani, tetapi mestinya bisa lebih cepat dan diimbangi dengan seiringnya mengunjungi perpustakaan sebagai simbol sumber ilmu, simbol intelektual dan simbol kesungguhan kuliah.
     Dari diskusi - diskusi yang sering dilakukan oleh penulis dengan para remaja dan mahasiswa didapatkan daftar sifat dan perilaku baik yang seharusnya dimiliki oleh remaja dan mahasiswa untuk kompetisi global adalah :
  • Belajar hidup mandiri, mau berhemat, mengembangkan kreatifitas, dan mau belajar hidup sederhana.
  • Bagi mahasiswa mau melakukan penelitian, memanfaatkan waktu secara maksimal untuk banyak belajar, suka mengunjungi perpustakaan.
  • Peka terhadap lingkungan sekitar termasuk lingkungan kos.
  • Segera mengerjakan tugas - tugas yang diberikan dosen, sehingga tidak menumpuk dan tidak dapat menyelesaikan dengan baik.
  • Taat pada peraturan - peraturan yang berlaku, seperti berpakaian rapi, parkir pada tempat yang telah disediakan.
  • Menepati janji dan bertanggung jawab baik pada dosen maupun teman, dan tidak sombong.
  • Berfikir kritis, mau aktif dalam organisasi, rajin beribadah.
Sifat dan perilaku baik yang diatas adalah lawan dari perilaku dan sifat buruk, yang merupakan suatu pilihan sendiri untuk menjadi baik atau menjadi buruk.

Demikian artikel yang dapat gw share kepada teman - teman sekalian.. semoga bermanfaat bagi kita semua yah.. amin.. hehe..
jika ada yang ingin ditambahkan monggo ditulis di comment ya..

Wassalamualaikum wr.wb..
Share:

1 komentar:

  1. benar sekali artikel itu.. menarik dan sedikit lucu.. terimakasih sudah berbagi..

    ST3 Telkom

    BalasHapus

Pengunjung

Adsense Indonesia

Like Dulu Dong!

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak